INTAN KARIR CENTER

Pusat Karir dan Alumni INTAN Institut Pertanian INTAN Yogyakarta

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang saat ini tengah memasuki era kompentisi global, Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta terus berinovasi dalam menghadirkan manfaat kepada masyarakat secara luas. Mengingat posisi mahasiswa sebagai luaran (output) utama INTAN yang secara langsung diharapkan membawa perubahan, kebermanfaatan dan kemajuan di masyarakat luas, maka pendirian pusat karir dan alumni dipandang penting. Hal tersebut diperlukan untuk memberikan serangkaian kegiatan pengkapasitasan dan pendampingan bagi mahasiswa maupun alumni agar lebih matang untuk terjun ke masyarakat luas. Pengelolaan Pusat Karir dan Alumni INTAN menganut prinsip perbaikan secara berkelanjutan dengan berbasis pada proses. Implementasinya dilakukan melalui konsep Plan - Do - Check - Act. Prinsip ini dipilih karena INTAN menyadari pentingnya perbaikan secara berkelanjutan, sehingga Pusat Karir dan Alumni INTAN dapat berkembang terus menuju ke arah yang lebih baik.

Evaluasi diri rutin dilakukan INTAN setiap tahun dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran keseluruhan penyelenggaraan pendidikan di INTAN. Hasil evaluasi diri diantaranya merekomendasikan pentingnya penelusuran dan pengelolaan alumni serta penguatan kompetensi mahasiswa melalui bimbingan karir. Berdasarkan hal tersebut maka INTAN pada tahun 2018 membentuk Lembaga Pusat Karir dan Alumni melalui SK Rektor nomor 005/SK/PUSAT KARIR/Rektor/Intan/III/2018. Output yang diharapkan yaitu :

  1. Terkelolanya layanan bimbingan karir bagi mahasiswa INTAN
  2. Terarahnya mahasiswa dalam merencanakan dan menentukan karir
  3. Meningkatnya kerjasama distribusi alumni dan daya serapnya di dunia kerja
  4. Diperolehnya informasi tentang lulusan dan masukan dari pengguna lulusan
  5. Diperolehnya informasi lowongan kerja kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan
  6. Terfasilitasinya proses rekruitmen tenaga kerja
  7. Diselenggarakannya pelatihan dan atau seminar untuk meningkatkan employability bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni baru.
dengan demikian INTAN akan mendapatkan outcome berupa meningkatnya daya serap lulusan INTAN di dunia kerja. Dampak positif tersebut dapat terwujud jika Pusat Karir dan Alumni INTAN menjalankan fungsi dan aktivitasnya dalam hal : pelatihan - pelatihan (softskills dan hardskills), magang, konseling kerja dan sebagainya dengan baik.

Pada tahun 2018 INTAN mendapatan dana hibah Pusat Karir dan Alumni dari Direktorat Kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemristekdikti. Dana tersebut akan dipergunakan untuk berbagai kegiatan seperti: studi banding, pelatihan TOEFL, pembuatan cv, lamaran kerja dan teknik wawancara, klinik konseling kerja, pengembangan net working dan kerja sama, pembuatan website, musyawarah ikalintan, pendataan alumni dan pengembangan tracer study, penguatan alumni bidang akademik dan non akademik, publikasi dan pelaporan. Adapun kegiatan yang sudah dilakukan adalah: sosialisasi Pusat karir dan alumni INTAN kepada mahasiswa pada tanggal 31 Mei 2018, studi banding ke Pusat Karir dan alumni Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 2018 dan pembuatan web site. Kegiatan yang sudah diagendakan dalam bulan Juli, Agustus dan September 2018 adalah: pendataan alumni, musyawarah Ikatan Alumni Intan, tracer study, test dan pelatihan TOEFL, pelatihan pembuatan CV, lamaran kerja dan teknik wawancara serta klinik konseling kerja khususnya bagi calon lulusan baru. Keberhasilan program Pusat Karir dan Alumni adalah kerja keras bersama. Sukses Pusat Karir dan Alumni INTAN. Aamiin

Back to Top